Kapolres Ponorogo Paparkan Kondisi Kamtibmas Selama 2021

    Kapolres Ponorogo Paparkan Kondisi Kamtibmas Selama 2021
    Paparan situasi Kamtibmas selama 2021 oleh Kapolres Ponorogo. (Foto : Muh Nurcholis)

    PONOROGO - Kondisi dan situasi Kamtibmas Bumi Reyog selama tahun 2021 dipaparkan secara gamblang oleh Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo. Pemaparan release akhir tahun terkait situasi Kamtibmas dan juga capaian kinerja dilaksanakan di Gedung Pesat Gatra, Polres Ponorogo, Jatim, Kamis (30/12/2021).

    Dalam paparanya, AKBP Catur menyampaikan bahwa Satreskrim Polres Ponorogo pada tahun 2021 mengalami penurunan jumlah kasus/laporan masuk dari 246 di tahun 2020 menjadi 190 kasus sehingga mengalami trend penurunan 23%. "Kasus didominasi perjudian, penipuan dan curat. Untuk jumlah penyelesaian kasus di tahun ini sudah mencapai 188 kasus sehingga hampir 100% kasus laporan masuk sudah diselesaikan, " papar AKBP Catur.

    Pihaknya mengaku langsung menindaklanjuti kasus kriminalitas. "Syukur Alhamdulillah kita terus bergerak cepat dalam penanganan kasus kriminal yang masuk, ini juga merupakan upaya kita dalam pengaplikasian Program Presisi Kapolri yang salah satunya peningkatan kinerja penegak hukum, " terangnya. 

    Selain itu jajaran Satreskrim juga berhasil ungkap kasus tindak pidana Korupsi Pengadaan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dengan kerugian negara atas kasus tersebut mencapai Rp 4, 3 miliar.

    Dia juga menyampaikan data terkait pelanggaran kasus peredaran/penyalahgunaan Narkotika di wilayah Kabupaten Ponorogo. "Berdasarkan data yang diperoleh dari Satreskoba di tahun 2021 ini mengalami penurunan disemua kasus narkotika namun tidak dengan barang buktinya. Kasusnya mengalami penurunan namun kita menyita barang bukti seperti halnya sabu ini mengalami kenaikan, yaitu 60, 16 gram di banding tahun 2020 menyita 23, 4 gram, kita juga menyita Ganja sebanyak 41, 2 gram ditahun ini, " tambahnya.

    Selanjutnya Kapolres Ponorogo juga menjelaskan data Satlantas yaitu kejadian lakalantas mengalami penurunan dari tahun 2020. "Dari 643 kasus menjadi 565 kasus, selain penurunan dalam jumlah kejadian, korban meninggal dunia (MD) dari Laka Lantas juga mengalami penurunan yang cukup banyak. Ini berkat upaya Anggota Opsnal Sat Lantas yang terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, kita juga sering masuk ke sekolah guna memberikan himbauan kepada siswa-siswi agar tidak berkendara sendiri sebelum mempunyai SIM, " katanya. 

    AKBP Catur juga menyampaikan bahwa data kamtibmas Polres Ponorogo banyak mengalami penurunan berbagai kasus. "Upaya Polres dalam menekan gangguan kamtibmas juga tak terlepas dari peran stakeholder terkait. Penurunan kasus ini tak lepas dari peran Masyarakat, media dan juga kerja sama antar Inkait yang saling kita eratkan, mari kita jaga situasi .Kamtibmas agar selalu Kondusif sehingga kita bisa merasakan kenyamanan dalam beraktivitas, " tandasnya. (Muh Nurcholis) 

    Kapolres Ponorogo AKBP Catur C Wibowo
    MUH NURCHOLIS

    MUH NURCHOLIS

    Artikel Sebelumnya

    Bupati Sugiri Pimpin Apel Pasukan Operasi...

    Artikel Berikutnya

    Kompak, Bhabinkamtibmas Dan Bhabinsa Monitoring...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 147

    Postingan Tahun ini: 1145

    Registered: Jul 16, 2020

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 74

    Postingan Tahun ini: 408

    Registered: Jul 11, 2020

    Suhendi

    Suhendi

    Postingan Bulan ini: 54

    Postingan Tahun ini: 73

    Registered: Apr 24, 2022

    Aa Ruslan Sutisna

    Aa Ruslan Sutisna verified

    Postingan Bulan ini: 50

    Postingan Tahun ini: 360

    Registered: Oct 22, 2021

    Profle

    Ryawan Saiyed verified

    Penganiayaan di KM 14, Inilah Klarifikasi TBBR Kota Palangka Raya
    Nyabu Bareng, 3 ASN di Bantaeng 'Digulung' Polisi
    Cegah Wabah PMK. Polres Jember Kolaborasi Bersama  3 Pilar Lakukan Ini...
    Bupati Bantaeng Minta Tegakkan Aturan untuk Kasus Busur:  Kita Harap Jadi Shock Therapy Agar Kejadian Ini Tidak Terulang

    Follow Us

    Recommended Posts

    Polisi Sudah Periksa 14 Saksi Terkait Kasus Ambrolnya Papan Seluncur di Kenpark
    Event Sepeda Tahunan Bromo KOM Challenge 2022 Start dari Mapolda Jatim
    Forkopimda Jatim Peringati Harkitnas ke 114
    Petani Kelapa Sawit Indonesia Terima Kasih ke Presiden Jokowi Karena Cabut Larangan Ekspor 
    Forkopimda Jatim Bersama Elemen Masyarakat Madura Sepakat Brantas Narkoba